Saturday, February 14, 2009

aku dan sastra

suatu siang yang cerah dimusiam hujan setealah kemarin dilanda hujan hebat. hingga aku jibreg basah kehujanan. maka disiang yang mentereng itu sementereng mobil-mobil yang dipakai oleh para anggota DPR kita. kemudian seorang dosen mengoceh. "wahai mahasiswa yang saya ajari, untuk minggu depan buat essai tentang kamu dan sastra". demikian sang dosen berbicara..

lalu sejenak aku berpikir. "apa itu sastra?". terkadang aku juga tidak mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan sastra. bahkan pernah sampai antipati. sastra bagiku adalah Chairil anwar, Khalil gibran dan sebaginya. dan semuanya tidak ku mengerti.

tetapi tanpa sadar semua jelmaan sastra selalu ku cicipi dan kunikmati. 3 buah novel dan brown kulibas habis. tetalogi buru ku lahap mantap. karya josten garden asyik kurenungi. tiga judul curhatan andrea hirata kujadikan cemilan. dan masih banyak lagi buku-buku yang kubaca atau hanya ku pajang...hehe

dan seorang teman berkata. "bung itu teh sastra". maka kening ini berkerut... dan berkata... "OH itu sastra".. jadi sastra itu asyik, tanpa perlu dipikirkan teori, definisi, bentuk ataupun genrenya.

yang pasti cari yang nyaman dan enak menurut hatimu.

No comments: